Hiking Gunung Merapi

Gunung Merapi yang memiliki ketinggian puncak mencapai 2.930 m dpl pada tahun 2010 merupakan gunung berapi paling aktif dari hampir dua ratus seluruh gunung berapi yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu, pendakian atau hiking Gunung Merapi sangat terkenal bukan hanya di kalangan pendaki (hikers) tanah air saja melainkan juga pendaki mancanegara yang ingin merasakan sensasi luar biasa yang ditawarkan gunung yang dikenal dengan istilah Fire Mountain ini.

Alasan Kenapa Anda Harus Hiking Gunung Merapi

Ada cukup banyak alasan yang mengharuskan Anda melakukan hiking Gunung Merapi saat ini. Namun, paling tidak 5 alasan berikut ini akan meyakinkan Anda untuk menaklukan gunung yang juga sering disebut dengan istilah ‘monster’ oleh pendaki asing karena keganasan dan apalagi jika gemuruh atau auman dari gunung ini terdengar. Cobalah baca 5 alasan berikut;

Kebanggaan Mendaki Gunung Merapi

Hiking Gunung Merapi

Bukan hanya terkenal lewat iklan di TV yang menampilkan sosok Alm. Mbah Marijan saja yang membuat Gunung Merapi terkenal, melainkan juga karena Gunung Merapi ini sangat aktif. Sebelumnya, dapat diprediksikan jika paling tidak secara rutin atau 4 tahun sekali, Fire Mountain ini akan meletus sampai mengeluarkan lava atau lahar panas dan dingin. Namun, seiring waktu, karakternya juga berubah.

Alasan baik pendaki dalam dan luar negeri melakukan hiking Gunung Merapi adalah kebanggaan yang akan mereka dapatkan. Bagaimana tidak bangga bisa mendaki salah satu gunung berapi paling aktif di dunia. Apalagi, jarang pendaki yang bisa mencapai ke puncak. Oleh sebab itu, merupakan kebanggan tersendiri untuk bisa mendaki Gunung Merapi.

Pengalaman Tak Terlupakan

Bukan hanya kebanggaan saja yang bisa Anda dapatkan dan rasakan melainkan juga pengalaman yang tidak akan pernah Anda lupakan. Bahkan, banyak wisatawan atau pendaki asing yang sudah bisa dikatakan berpengalaman mengaku jika pendakian ke Gunung Merapi sangat berkesan dan tidak akan pernah terlupakan. Ya, mendaki gunung berapi memberikan kesan tak terlupakan apalagi ini gunung berapi yang sangat aktif yang bisa saja ‘batuk’ tanpa peringatan terlebih dahulu.

Pemandangan / Landscape yang Menakjubkan

Tidak bisa dipungkiri jika pendakian ke puncak Gunung Merapi menawarkan pemandangan atau landscape yang sangat menakjubkan. Areal persawahan, perkampungan dan bahkan dapat melihat kota Yogyakarta dan sekitarnya dari atas. Pemandangan hiking Gunung Merapi termasuk saat menuju ke New Selo (lokasi start pendakian) juga sangat indah dan hijau. Udara dingin dan aktivitas penduduk lokal juga sangat terasa. Tentunya, pemandangan saat pendakian juga tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Sunrise yang Eksotis

Setiap mendaki gunung, salah satu alasan utamanya adalah karena di puncak dapat melihat sunrise yang indah. Bagaimana jika menyaksikan sunrise tersebut dari puncak Gunung Merapi? Tentu akan lebih menakjubkan lagi. Sudah tidak asing lagi jika puncak Merapi juga menyajikan sunrise yang eksotis. Oleh sebab itu, pendakian ke puncak Gunung Merapi ini biasanya dilakukan di malam hari agar bisa mendapatkan sunset selain karena pendakian siang hari akan terasa sangat super panas sekali.

Mendaki di Malam Hari

Jika sebelumnya Anda lebih sering mendaki di pagi, siang dan sore hari kemudian malam digunakan untuk istirahat, maka tidak untuk hiking Gunung Merapi karena Anda justru akan mendaki di malam hari. Pengalaman mendaki malam hari sangat berkesan apalagi jika pertama kali. Pendakian malam hari membutuhkan ekstra kehati-hatian apalagi ini adalah Gunung Merapi yang memiliki medan cukup berat terutama untuk menaiki puncak. Pendakian malam hari tidak akan pernah Anda lupakan. Oleh sebab itu, pendakian di Gunung Merapi harus dilakukan dengan ekstra hati-hati.

Segala peralatan dan perlengkapan terutama peralatan standar pendakian termasuk jaket dan jas hujan (jika cuaca berubah menjadi hujan) sangat dibutuhkan. Selain itu, ada juga aturan yang harus dipahami karena Gunung Merapi merupakan sosok yang dihormati dan memiliki banyak kaitan mistis dengan kebudayaan Jawa terutama Yogyakarta. Tapi, di luar itu semua, hiking Gunung Merapi akan menjadi pengalaman yang sangat berharga selain pemandangan di atas puncak yang tidak akan pernah Anda lupakan di seumur hidup Anda.

Related Post

Call Now
WhatsApp