Mount Merapi Hiking |www.indowalk.com

Awas! Pendakian ke Gunung Merapi bukan untuk pemula. Ya, Gunung Merapi yang memiliki ketinggian hampir 3.000 m dpl per 2010, merupakan gunung pendakian yang tidak biasa dikarenakan Gunung Merapi merupakan gunung berapi paling aktif di Indonesia. Oleh sebab itu, mount Merapi hiking tour ini tidak disarankan untuk pemula. Hanya mereka yang memiliki sudah berpengalaman dan memiliki stamina yang prima saja yang diizinkan untuk melakukan pendakian.

Alasan Mount Merapi Hiking Tour Bukan Untuk Pemula
Gunung Merapi yang dikenal juga dengan sebutan Fire Mountain memang bukan untuk pendaki pemula. Bahkan, pendaki professional pun mengakui jika pendakian ke Gunung Merapi tidak mudah. Paling tidak, beberapa alasan berikut ini akan semakin menguatkan pendapat jika mount Merapi hiking tour memang tidak untuk pemula apalagi yang memiliki mental yang lemah. Jadi, sebelum mau mendaki gunung berapi paling aktif ini, cobalah pikir ulang baik-baik.

Puncak Gunung Merapi Sangat Miring, Hampir Vertikal
Puncak Gunung Merapi ada dua yakni puncak berupa kawah dan puncak berupa pinggiran kawah yang lebih tinggi dan terjal. Untuk sampai ke puncak ini, dibutuhkan tenaga ekstra karena sangat miring dan bahkan hampir vertikal. Oleh sebab itu, pendaki pemula akan sangat merasa super kelelahan yang bisa menyebabkan lemas atau letih. Pendaki professional saja mengakui jika pendakian ke puncak sangat berat.

Jalur ke Puncak Merapi Sangat Sulit
Selain miring, yang membuat mount Merapi hiking tour bukan untuk pendaki pemula adalah jalur ke puncak merapi yang sangat sulit karena berpasir. Oleh sebab itu, jika Anda melangkah naik 3 langkah, maka Anda akan mundur 2 langkah. Dibutuhkan tenaga ekstra untuk terus melangkah atau mendaki naik. Bahkan, ada jalur yang sangat tidak mungkin didaki atau paling tidak sangat berbahaya sekali jika didaki bahkan oleh pendaki professional sekalipun.

Jalur Pendakian ke Puncak Diliputi Angin, Debu dan Asap
Gunung Merapi masih aktif dan terus mengeluarkan debu dan asap. Oleh sebab itu, mendaki ke puncak akan sangat berbahaya jika tidak berpengalaman. Sudah jalurnya miring sekali, sulit untuk didaki, ditambah pula dengan asap, debu dan juga angina yang siap menghantam. Oleh sebab itu, selama mendaki disarankan agar tidak menengok (melongok) ke arah kawah karena Anda bisa saja terjatuh. Apalagi saat angina sedang berhembus kencang.

Udara di Puncak Sangat Dingin dan Minim
Walaupun Anda sudah memakai jaket bukan berarti Anda tidak akan merasakan dingin yang luar biasa ketika mendaki ke puncak Merapi. Mount Merapi hiking tour memang hanya untuk mereka yang berani dan memiliki stamina prima. Udara di atas sangat dingin dan bahkan sangat minim. Apalagi ada asap dan debu. Oleh sebab itu, disarankan untuk menggunakan masker. Itupun jika Anda tidak kuat, disarankan untuk tidak mendaki ke puncak. Anda akan menggigil dan merasakan udara di dada yang cukup sesak.

Jika Hujan, Jalur Pendakian Sangat Licin
Sebelum melakukan pendakian ke puncak Merapi, memang sebaiknya memperhatikan kondisi cuaca. Cuaca hujan sangat tidak bersahabat termasuk untuk para pendaki professional. Namun, cuaca tidak bisa diprediksi dengan baik oleh sebab itu disarankan untuk membawa jaket atau jas hujan. Namun, pendakian di saat hujan turun sangat licin dan berbahaya. Oleh sebab itu, sebaiknya berhenti ketika sedang turun hujan termasuk untuk pendaki yang sudah berpengalaman.

Pendakian Sangat Melelahkan
Walau dari puncak pertama atau kawah hingga mencapai ke puncak tertinggi Merapi tidak terlalu jauh, namun para pendaki mengakui jika mount Merapi hiking tour sangat melelahkan apalagi jika dihitung dari start yakni di New Selo. Bukan tidak mungkin jika pendaki akan kekurangan air. Namun, membawa banyak air akan memberatkan pundak saat sedang mendaki. Tidak sedikit pendaki yang merasa sesak, letih, lelah dan bahkan nge-drop dikarenakan pendakian yang sangat melelahkan.

Oleh sebab itu, tidak hanya mental saja yang harus dibangun melainkan juga fisik yang harus prima dengan stamina yang 100% sehat dan tidak memiliki masalah apapun. Ingat, mount Merapi hiking tour bukan untuk pemula atau yang memiliki kondisi mental, fisik dan stamina yang kondisinya tidak 100%. Sebaiknya diskusikan pada guide saat di New Selo sebelum melakukan pendakian.

Contact: 0812 9393 9797
Website: www.indowalk.com
Office : Menara Palma, Kuningan JAKSEL

Leave a reply "0812 9393 9797, Mount Merapi Hiking, Paket Hiking Merapi"

Your email address will not be published. Required fields are marked *