Merapi Hiking Tour |www.indowalk.com

Gunung Merapi adalah hanya salah satu dari sekitar 150 gunung berapi di Indonesia. Tapi dari semua gunung berapi itu, Gunung Merapi adalah yang paling aktif. Mungkin itu mengapa pendakian atau Merapi hiking tour sangat diinginkan dan populer di antara pendaki yang tak terhitung jumlahnya yang datang ke sini setiap tahun baik pendaki lokal maupun mancanegara. Mereka merasa tertantang untuk bisa mendaki Gunung Merapi dan berharap melihat lava di puncaknya.

Merapi Hiking Tour; Pendakian Dan Mistis
Gunung Merap yang sering disebut juga dengan istilah Fire Mountain merupakan tokoh legendaris yang menjadi bagian dari banyak mitos kebudayaan Jawa terutama Yogyakarta dan sekitarnya. Oleh sebab itu, jangan heran jika Anda akan diberitahu oleh seorang guide atau warga lokal agar meminta maaf kepada roh penjaga Gunung Merapi ketika Anda buang air kecil atau besar selama pendakian. Percaya atau tidak, Gunung Merapi memiliki nilai mistis yang kental.

Saat ini, satu-satunya cara untuk mendaki ke puncak Gunung Merapi, adalah dari desa Selo di sisi utara dari Gunung Merapi. Rute lain Merapi hiking tour ada di lereng selatan mulai dari Kaliurang, tapi rute ini ditutup untuk pengunjung karena dianggap terlalu berbahaya. Walau begitu, pendakian melalui Selo bukan berarti mudah bahkan untuk tingkat pendaki professional atau berpengalaman, pendakian melalui Selo juga sangat menantang sehingga tidak sedikit yang tidak bisa mencapai ke puncak.

Sebagian besar orang atau pendaki memulai pendakian di tengah malam, sekitar 01:00 dini hari untuk berada di atas dan menyaksikan sunrise. Pendakian malam hari waktu terbaik untuk berada di sana dan menyaksikan sunrise. Akan tetapi, sebelum melakukan pendakian di malam hari, sebaiknya tetap memperhatikan kondisi alam dan cuaca. Bisa saja terjadi hujan, kabut yang tebal bahkan hingga petir di puncak Merapi. Jika kondisi sudah aman, maka akan diberikan izin untuk mendaki.

Merapi Hiking Tour; Pendakian Malam Hari yang Menantang
Kata yang sempurna untuk menggambarkan pendakian Gunung Merapi adalah “menantang”. Ya, Merapi hiking tour ternyata lebih sulit dari yang diharapkan oleh banyak pendaki termasuk dari mereka yang memiliki pengalaman mendaki ke berbagai gunung tinggi seperti Rinjani. Ada banyak tantangan yang harus dilewati ketika pendakian dimulai dari jalur yang bisa berubah beberapa kali, jalan naik turun, debu, asap belerang dan bukan tidak mungkin jika gemuruh atau ‘batuk’ Merapi bisa saja terdengar.

Walau demikian, jika Anda sedang beruntung, pendakian di malam hari ini akan ditemani dengan rembulan atau bulan purnama yang sangat indah dengan kondisi langit yang cerah. Jika demikian, maka Anda tidak membutuhkan lampu untuk menyinari jalan. Hanya di beberapa bagian saja di dalam hutan Anda akan merasa perlu untuk menggunakan lampu untuk melihat di mana Anda melangkah. Tapi, jika tidak bulan purnama, maka tentu Anda harus menggunakan lampu.

Pendakian malam hari, bisa dihentikan ketika sampai di daerah yang disebut dengan Pasar Bubrah. Dari sini, Anda bisa melihat pemandangan menakjubkan dari Merapi hiking tour dengan menyaksikan langsung 5 gunung berapi pada saat yang sama, jika Anda cukup beruntung atau mendapatkan hari yang cerah tanpa kabut tebal, Anda dapat melihat: Gunung Slamet, Merbabu, Sumbing, Sindoro dan Telomoyo.

Merapi Hiking Tour; Pendakian Puncak Yang Paling Sulit
Tapi sebagian besar pendaki mungkin tidak akan sempat menyaksikan pemandangan 5 gunung lain secara lama. Sebaliknya, mereka akan menatap jalur setapak di depan Anda, mencoba untuk mendaki di bebatuan vulkanik yang mudah longsor dan dipadu dengan abu sekaligus asap. Merapi hiking tour ke puncak memang sangat melelahkan. Anda mungkin saja akan merangkak seperti kambing, bertanya-tanya apakah Anda akan dapat melakukannya atau tidak. Ini bukan lelucon mudah, karena kemiringan hingga mencapai sekitar 60%.

Tidak mengherankan jika Anda sudah melangkah maju tapi akhirnya merosot ke bawah lagi dan mengulang untuk melangkah naik kembali. Bahkan saat Anda mendaki ke kawah, Anda tidak akan benar-benar dapat melihat mana jalan sedang Anda daki. Merapi hiking tour ke puncak ini benar-benar sangat ekstrem karena Anda juga harus menjaga keseimbangan. Tapi, semua itu akan terbayar ketika sudah sampai di puncak dengan merasa bangga bisa menaklukan Gunung Merapi, gunung paling fenomenal.

Contact: 0812 9393 9797
Website: www.indowalk.com
Office : Menara Palma, Kuningan JAKSEL

Leave a reply "0812 9393 9797, Merapi Hiking Tour, Hiking di Gunung Merapi"

Your email address will not be published. Required fields are marked *